Thursday, February 8, 2018

3 KATA YANG WAJIB DI UCAPKAN KENSUSEI SETIAP HARI.

Berjumpa lagi bersama saya ぎんせい(ginsei)dalam tulisan kali ini saya ingin menuliskan 3 kata ,atau ucapan yang wajib di ucapkan peserta magang(kensusei)setiap hari di jepang.
oke,saat bangun pagi sebelum bekerja,pasti kita harus mempersiapkan diri untuk pergi bekerja.
yang namanya negara jepang ,sebuah negara yang mempunyai etos kerja yang di siplin.3kata yang wajib di ucapkan selama berkerja di jepang setiap harinya adalah:
1.挨拶(あいさつ)cara bacanya (aisatsu)yang artinya salam.
   mungkin kata salam adalah kata yang sering kita dengar tapi sangat jarang kita gunakan.apa lagi seperti saya ini,sengingat saya sejak saya sd sampai tamat sma,,kata salam yang saya ucapkan bisa di hitung dengan jari tangan.tapi jangan salah,di jepang justru salam atau pun ucapan selamat pagi wajib kita ucapkan,kadang saya sebagai kensusei kadang berpikir apakah arti sebuah salam?
kadang saat pergi ke perusahaan berpapasan dengan orang jepang selalu di kasi salam selamat pagi,kadang saya tidak ingin membalasnya,tapi karna orang jepangnya yang lebih dahulu mengucapkan salam ke pada saya,maka mau tidak mau saya juga harus membalasnya.
bagi sebagian orang jepang salam sangat berarti dan memiliki nilai yang positip.di jepang adalah hal yang biasa atasan mengucapkan selamat pagi ke pada bawahanya,ya mungkin bagi saya ini adalah hal yang sangat canggung sekali,kadang sangat sulit untuk di lakukan,ya kalau teman teman yang ingin bekerja di jepang,saya anjurkan supaya melatih mengucapkan kata salam selama di pelatihan.
2.ありがとうございます(terimakasih)
           yang kedua adalah kata terimakasih.kata ini juga sangat jarang saya gunakan saat berada di kampung halaman,tiba di jepang kata ini harus selalu saya ucapkan setiap harinya.di jepang kata terimakasih sangat sering di gunakan dari hal besar sampai hal terkecil sekalian.dalam istilah yang sering saya ucapkan kepada teman teman bekerja,di jepang ini sikit-sikit terimakasih,apapun harus terimakasih.bisa di katakan negara jepang ini negara terimakasih,ya ini dari sudut pandang saya.tapi setelah kata ini sering saya gunakan dan menjadi terbiasa,akhirnya saya mengerti apa tujuan dari kata terimakasih ini.saya anjurkan untuk anda-anda untuk berlatih menggunakan kata terimakasih.
3.お疲れ様です(otsukaresamadesu)selamat menjalankan tugas anda.
    yang keriga adalah kata otsukaresama desu,yang artinya selamat menjalankan tugas anda.untuk seorang pekerja,baik di lapangan,pabrik,kantor,ini adalah kata yang sering di gunakan,penggunaan kata ini sangat sering di gunakan saat jam pulang atau pun saat jam bekerja .mungkin salam atau pun kata otsukaresama desu ini tidak ada pada bahasa kita,tapi klo di pikir pikir kata ini juga sangat penting.kalo anda bekerja di jepang dan saat jam pulang anda wajib mengucapkan otsukaresama desu kepada teman anda yang masi bekerja.atau pun saat anda saat bekerja dan atasn anda datang melewati anda ataupn rekan kerja anda lewat di depan anda anda wajib mengucapkapkan kata otsukaresama desu.


          untuk kali ini saya hanya menuliskan 3hal ini saja,tapi sebetulnya masi banyak hal yang wajib dilakukan selama anda di jepang,,,saya akan menulinya di lain waktu.terimakasih.

No comments: